Senin, 28 Mei 2018

Cara Menetaskan Telur Puyuh Ratusan Dan Ribuan Puyuh

Telur puyuh menjadi favorit anak- anak karena ukuran yang kecil dan mini. Jenis telur ini biasanya dijadikan dalam bentuk coklat dan ditusuk seperti sate. Posisi yang demikian membuat rasa dan kenikmatan telur puyuh ini menjadi berbeda jika dibanding dengan jenis telur yang lain. Hanya saja bagi mereka yang memiliki ancaman kolesterol sangat anti pati dengan jenis telur yang satu ini. Sebab konon katanya, telur ini menyimpan lemak yang sangat cocok untuk mengundang datangnya kolesterol. sehingga para manula biasanya akan menghindari jenis telur yang satu ini. Agar tidak kekurangan stok telur puyuh ini maka sebaiknya terus melakukan regenerasi dengan cara rutin menetaskan telur. Cara menetaskan telur puyuh ini bisa dengan yang alami, tradisional maupun dengan cara otomatis.

Cara Menetaskan Telur Puyuh
Cara Menetaskan Telur Puyuh

Apabila menggunakan cara alami maka akan menunggu wkatu yang cukup lama sebab tidak semua jenis ayam puyuh bisa mengeram dengan sempurna. Ada beberapa ayam yang lebih suka bertelur saja sehingga akan sulit sekali jika menetaskan dengan cara alami. Khusus untuk telur ini sebaiknya penetasannya menggunakan alat atau dengan bantuan manusia. Cara menetaskan telur puyuh ini tidak sesulit seperti yang anda bayangkan. Meski ukuran lebih kecil dan jenis cangkang mudah retak, namun jenis telur ini sangat mudah untuk ditetaskan. Berbeda dengan telur lain yang ukurannya lebih besar. Apabila anda ingin praktis dan hemat maka sebaiknya anda gunakan mesin penetas saja. Harga sangat terjangkau dan murah. Masih berada pada angka dibawah 500 ribu rupiah. Dengan angka tersebut anda sudah dapat menetaskan telur lebih dari 100 ekor anakan ayam puyuh dalam waktu sebulan.

Cara menetaskan telur puyuh ini agak sedikit berbeda dengan jenis telur yang lain karena ukuran yang lebih kecil. Bila pada telur ayam dan bebek butuh waktu lebih dari 15 hari maka untuk telur puyuh ini hanya butuh waktu sekitar 14 hari saja. Dalam waktu yang tidak lama ini, anda harus melatakkan telur pada posisi yang hangat dan terbebas dari cahaya matahi. Cukup gunakan lampu kuning saja sebagai pengganti induk ayam puyuh yang biasa mengeram. Dengan pola dan suhu yang diatur sedemikian rupa sehingga menyerupai tubuh induk ayam puyuh.

Untuk telur yang unggul dan baik maka pilih yang bundar sempurna. Anda bisa menerawang menggunakan senter agar dapat melihat lebih maksimal. Jika bibit telur tersebut baik maka anda bisa menggunakan sebagai bibit. Namun jika sudah jelek maka bisa anda kelompokkan untuk dikonsumsi. Sebab untuk telur konsumsi tidak butuh yang bagus, yang penting baru agar tidak busuk dan encer. Misalnya untuk membuat oseng telur, semur telur dan jajanan anak. Cara menetaskan telur puyuh ini bisa dengan yang alami, tradisional maupun dengan cara otomatis. Anda bisa memilih dan menggunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera. Jangan lupa beri makanan khusus bayi puyuh agar mereka dapat menelan dengan mudah. Dan beri minum sesuai jatah waktu yang sudah diberikan agar tidak membasahi bayi puyuh yang belum bisa menjaga suhu tubuh dengan baik. Pemberian makan dan minum ini harus rutin dan butuh pengecekan tiap 4 jam sekali. Hal ini perlu dilakukan agar tumbuh kembang puyuh dapat maksimal.
Demikian sedikit hal yang bisa saya berikan mengenai cara menetaskan telur puyuh ini. Jangan lupa juga letakkan botol plastik bekas yang sudah diisi dengan air. Anda bisa meletakkan 4 botol pada tiap sudut. Peletakkan botol ini difungsikan agar kehangatan ruangan bisa stabil dan terjaga.
Cara Menetaskan Telur Puyuh Ratusan Dan Ribuan Puyuh Rating: 4.5 Posted by: uyer etunes

0 komentar:

Posting Komentar